Selasa, 09 Desember 2014

Pantai Jogan, Gunung Kidul

Minggu, 10 November 2013

Perjalanan kali ini dimulai ketika ada salah satu teman yang mengajak trip ke pantai. Sebelumnya ada beberapa tujuan yang kami pilih, dan akhirnya kami memutuskan untuk ke Pantai Jogan yang terletak di Gunung Kidul. Tepat dihari pahlawan ini kami hanya berangkat berdua dengan menggunakan motor dari kota Ambarawa. Hanya dengan berbekal google maps dan semangat di hari pahlawan ini kami berangkat pukul 07.00 wib. Untuk menghindari macet di hari weekend ini kami memilih melalui jalur klaten.

Perjalanan sampai memasuki daerah Gunung kidul masih lancar. Kami dihadapkan dengan jalan aspal yang mulus dan berkelok-kelok, sepanjang jalan akan terlihat karang-karang khas Gunung Kidul. Namun setelah hampir sampai ada sedikit masalah. Google maps yang kami gunakan terputus, dan sinyal seolah menghilang dari bumi tercinta ini -_-
Akhirnya setelah sekian lama mencari sinyal dengan dibantu doa dan sedikit usaha sinyal telah kembali hahaha. Langsung kami menuju Pantai Jogan. Di petunjuk arah hanya terdapat Pantai Siung. Sebelumnya kami tidak mengetahui kalau ternyata Pantai Jogan letaknya berdekatan dengan Pantai Siung, hal ini dikarenakan kurangnya informasi yang diperoleh dari mbah google -_-

Kami sampai lokasi sekitar pukul 11.00. Disana masih sedikit orang yang berkunjung, mungkin karena akses lokasi yang tidak bisa dilewati bus besar atau masih banyak yang belum mengetahui akan keberadaan pantai ini. Hanya ada beberapa motor dan tidak ada mobil sama sekali, padahal ini hari minggu!!
Langsung kita ke bawah untuk menikmati air terjun yang ada dengan menapaki turunan yang kecil dan basah. Untunglah tersedia kayu-kayu buat pegangan. Kami harus berhati-hati karena jalurnya licin dan curam
Sayang waktu itu musim kemarau, jadi debit air yang mengalir hanya sedikit. Air yang mengalir ke bibir pantai ini tawar lhoo, bukan asin. Menurut warga sekitar yang jualan disana “kalau musim penghujan air terjunnya bagus mas, airnya banyak tidak kayak gini”.
Yaah walaupun airnya sedikit tapi menurutku ini tetep keren kok. Cius deh wkwk

Setelah asik-asik berfoto kita makan siang disana dengan memesan mie. Pada saat makan kami melihat segerombolan pemuda-pemudi pecinta alam yang akan melakukan canyoning, yaitu aktifitas yang berbasis pada penelusuran sungai, ngarai, dan air terjun seperti menyatukan beberapa variasi teknik seperti scrambling, rapelling, abseiling, river-hiking, cliff-jumping dan swimming. Sayang kami tidak bisa ikut, padahal keren lohh

Mancing brooo

Puas dengan Pantai Jogan kami melanjutkan ke Pantai Siung, sekalian mampir hehe. Berbeda dengan Pantai Jogan yang masih sepi pengunjung, di Pantai Siung pengunjungnya membludak, padahal dekat lhoo.
Disini ane punya pengalaman yang memalukan. Terpeleset pasir didepan orang-orang banyak. Walaupun tidak ada yang terluka namun malunya kebawa sampe pulang -_- Tapi ya cuek aja, kan kaga kenal hahaha
Seharian berjemur kami pulang. Next time saat penghujan mungkin akan ada rencana balik lagi ke Pantai Jogan, masih penasaran dengan derasnya air terjunnya.

1. wah mas ..sangat indah tempatnya ...indah banget ,,bia jadi refrensi...bagai tempatnya bidadari mas

Balasan
    1. boleh dicoba mas, recomended banget :)
      ditunggu posting selanjutnya yang lebih keren yaa

Hapus
  2. ini pantainya bagus banget, belum banyak yang mengunjungi ya?

Balasan
    1. iya masih sedikit kak pengunjungnya, coba deh main kesana :)

Hapus
  3. Bagus banget pantainya, serius, gak kalah dengan pantai2 di luar negeri sana. Tinggal dijaga kebersihannya aja, udah mantap banget pantai2 di Indonesia..

Balasan
    1. iya holly, indonesia masih banyak yang bagus kok :)

Hapus
    2. Ya Do, sayangnya kita menghabiskan sebagia besar waktu di tengah kota dg segala kesibukan. Walaupun di Kalimantan, di tempatku, masih banyak hutannya, sama aja klu tinggalnya di kota. Makanya klu aq libur kuliah, pasti jalan2 ke desa2 gitu, walaupun cuman satu malam karena kesibukan ortu, tapi asli, satu malam aja, indahnya bisa kerasa banget sampai sekarang..
      #kokjadicurcol :P

3. ya begitulah hidup, yang di desa mau pergi kekota, yang di kota mau pergi ke desa.
      apapun kesibukannya refreshing itu sangat diperlukan, apalagi dengan orang-orang terdekat :)

4. iya do,, rajin bersih2 pantai lah kau :D

1. haha, aku makan juga udah selalu bersih loh mas :D

Hapus
    2. Lihat kata makan dan Edo, selalu ingat Pizza..
      Guys, kapan kita nge-pizza bareng
      :P

Hapus
  5. Kapan2 jadi pengen jalan2 ke tempat2 asri kayak gini..
    Indonesia is a beautiful place..

1. hukumnya wajib :)
      indonesia masih banyak daftar yang keren-keren